Soal Bahasa Indonesia tentang Surat Lamaran Kerja

 Ada 3 soal tentang surat lamaran kerja berikut ini.

Soal pertama

Perhatikan pernyataan berikut ini!

  1. Surat adalah sarana komunikasi untuk menyampaikan informasi tertulis oleh suatu pihak kepada pihak lain dengan tujuan memberitahukan maksud pesan dari si pengirim. Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Surat
  2. Surat merupakan sehelai kertas yang berisi tulisan dengan berbagai maksud. Sumber https://kbbi.web.id/surat
  3. Surat merupakan serangkaian informasi tertulis yang berisi pesan dari suatu lembaga atau individu kepada lembaga atau individu yang lain (kreasi admin).
  4. Surat resmi yang berisi identitas pelamar dengan kriteria tertentu dan dengan tujuan untuk mendapatkan pekerjaan dari suatu lembaga atau komunitas (kreasi admin).

Manakah pernyataan - pernyataan di atas yang termasuk pengertian dari surat lamaran kerja?

  • A. Nomor 1 karena surat merupakan sarana komunikasi yang disampaikan oleh si pelamar kepada perusahaan atau pihak tertentu dengan tujuan untuk mendapatkan pekerjaan. 
  • B. Nomor 1 dan 2 karena surat pada hakikatnya adalah sehelai kertas yang berisi maksud dari si pengirim (pelamar) kepada perusahaan tertentu untuk mendapatkan pekerjaan.
  • C. Surat merupakan informasi tertulis, dalam konteks surat lamaran berarti informasi tentang data diri seorang calon karyawan kepada pihak perusahaan untuk mendapatkan pekerjaan.
  • D. Nomor 4 karena surat lamaran pekerjaan adalah surat resmi, berisi identitas pelamar dengan kriteria tertentu yang dibutuhkan oleh pihak perusahaan atau komunitas tertentu.
  • E. Nomor 2 dan 4 karena surat merupakan sehelai kertas yang berisi identitas si pelamar dengan kriteria tertentu dan dengan tujuan untuk mendapatkan pekerjaan dari pihak perusahaan.

Jangan lupa baca materinya sistematika surat lamaran kerja.


Soal nomor dua

A. Isi surat

B. Badan surat

C. Lampiran

D. Kaki surat

E. Kepala surat


Soal nomor 3

Soal Bahasa Indonesia tentang Surat Lamaran Kerja

Demikian soal tentang surat lamaran kerja Bahasa Indonesia kelas XI, kurikulum 2013.