Pramuka Itu Jiwa dalam Raga Bukan Nyanyian Tanpa Makna: Sebuah Refleksi

Pramuka Itu Jiwa dalam Raga Bukan Nyanyian Tanpa Makna: Sebuah Refleksi
Pramuka Itu Jiwa dalam Raga Bukan Nyanyian Tanpa Makna: Sebuah Refleksi
Pramuka itu apa?. Jawabannya eskul wajib di sekolah. Kegiatannya nyanyi dan baris - berbaris. Barangkali itu jawaban kita jika ditanya apa si pramuka. Apakah itu salah?, tentu tidak. Benar bahwa kegiatan pramuka adalah eskul wajib di sekolah, salah satu kegiatanya yaitu PBB. Tidak ada yang salah dengan hal ini. Namun pernahkah kita bertanya apa si makna dari trisayta dan dasaharma pramuka?

Tri Satya dan Dasa Darma pramuka merupakan janji dan kewajiban moral seorang pramuka. Bagi seorang pramuka janjinya bukan "Demi Allah..." melainkan "Demi Kehormatanku". Demi kehormatan seorang pramuka dia akan melaksanakan tanggung jawabnya terhadap negara, sesama dan Tuhan.


Bila seorang pramuka tidak melaksanakan kewajibannya terhadap Tuhan, sesama dan negaranya. Maka masih pantas kah dia disebut seorang anggota pramuka?. Secara intruksional dan mungkin juga struktural dia masih menjadi seorang anggota pramuka, tetapi tidak punya jiwa seorang pramuka.


Jiwa seorang pramuka yaitu cinta terhadap sesama, negara dan Tuhannya. Bila kehormatan adalah identitas maka pengingkaran terhadap janji pramuka adalah kehilangan terhadap identitas diri. Bagi saya pramuka itu jiwa yang mengggerakan raga. Bila raga tanpa jiwa maka manusia itu hanya kumpulan daging tanpa nyawa karena pramuka adalah jiwa dalam raga. 


Salam pramuka - salam rimba.


Tulisan ini hanyalah refleksi pribadi tentang janji dan kehormatan seorang pramuka. 


Martin Karakabu

Pramuka itu jiwa dalam raga bukan nyanyian tanpa makna.