Kegiatan Lingkungan Santo Petrus Volker Tahun 2019 - 2022

Kegiatan Lingkungan Santo Petrus Volker Tahun 2019 - 2022
PI salah satu kegitan rutin umat lingkungan St. Petrus Volker

Lingkungan Santo Petrus Volker merupakan bagian dari Paroki Santo Fransiskus Xaverius Tanjung Priok Jakarta Utara. Prinsipnya selalu mendukung kegiatan dewan paroki Fransiskus Xaverius Tanjung Priok. Dukungan yang diberikan bersifat langsung dan tidak langsung.


Langsung

Kegiatan yang bersifaat langsung adalah kegiatan - kegiatan yang tidak membutuhkan kreativitas atau kebijakan tertentu dari pengurus lingkungan. Melainkan langsung terlibat dalam kegiatan yang disampaikan dewan paroki.


Contoh:

Rekoleksi anak dan remaja. Kegiatan jenis ini tidak membutuhkan kreativitas dari pengurus, tetapi pengurus berfungsi sebagai penerus dan pelaksana teknis sesuai dengan arahan dewan paroki.


Tidak Langsung

Jenis kegiatan ini merupakan terjemahan dari program dewan paroki yang disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan umat di lingkungan santo petrus Volker. Artinya kegiatan yang dibuat meruapakan kelanjutan dari rencana kerja dewan paroki, namun dalam pelaksanaannya disesuaikan dengan kebutuhan umat.


Berikut ini beberapa kegiatan tidak langsung dari lingkungan Santo Petrus Volker


Ibdadah Rutin Setiap Hari Rabu atau Kamis

Ini adalah kegiatan rutin di lingkungan santo Petrus Volker. Selain bertujuan meneguhkan kehidupan rohani umat, kegiatan ini juga dijadikan ajang diskuis dan evaluasi segala kegiatan yang sudah maupun akan dilakukan. 


Ibadah setiap hari Rabu dan Kamis pun dijadikan moment untuk tampil dan memimpin. Artinya setiap umat diberi kesempatan untuk belajar memimpin doa, mengangkat lagu, maupun hal - hal yang berhubungan dengan kegiatan liturgi yang lainnya. 


Ini adalah cara yang dilakukan pengurus lingkungan untuk menciptakan kader katolik dimulai dari lingkungan, atau dari komunitas yang paling kecil. Harapannya setelah dirasa cakap dan terampil umat yang bersangkutan biasa ikut ambil bagian dalam kegiatan di paroki maupun kapela MBL. 


Kelas Belajar

Ini adalah program baru (tahun 2019) di lingkungan Santo Petrus Volker. Diharapkan kegiatan ini menjadi brand lingkungan Santo Petrus Volker. Kelas belajar diperuntukan bagi anak - anak dan OMK. Dalam kelas belajar kegiatan beragam; 


  • Literasi digital, (Blogging)
  • Shering pengalaman dari OMK yang sudah memasuki dunia kerja dan mahasisiwa.
  • LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan)
  • Liturgi (Pemazmur, Pemimpin ibadah, dan lain - lain)
  • Lomba - lomba untuk merangsang minat dan semangat anggota

Menyelesaikan PR menggunakan konsep tutor sebagaya.

Kegiatan ini melibatkan sebagian besar umat lingkungan yang memiliki kemampuan di bidangnya. Prinsipnya berbagi dan belajar bersama. Baca : Kelas belajar lingkungan Santo Petrus Volker

  • Doa Rosario
  • Doa Rosario setiap bulan Mei dan Oktober
  • Doa Arwah
  • Doa arwah pada bulan November. Ini termasuk kegiatan rutin di lingkungan.


Pendalaman Iman

Ini adalah kegiatan rutin Komisi Kerasulan Keluarga Keuskupan Jakarta. Paroki Fransiskus Xaverius Tanjung Priok Jakarta Utara; meruapakan bagian dari Keuskupan Agung Jakarta ikut ambil bagian dengan melibatkan seluruh umat di lingungan. Termasuk lingkungan santo Petrus Volker.


Bikers Menyapa

Bikers menyapa merupakan kegiatan yang baru digagas oleh pengurus lingkungan untuk menyapa umat yang lain. Umat yang mungkin jarang terlibat dalam kegiatan lingkungan, umat yang sakit, umat yang baik - baik saja pun disapa. 


Tujuannya ialah mengakrabkan persaudaraan dan kebersamaan umat. 

 

Secara teknis setiap sebulan sekali, ketua lingkungan menentukan titik kumpul, mengajak umat yang memiliki kendaraan (motor) untuk mengunjungi umat yang lain, konsep ini dilakukan di luar dari kunjungan ketua lingkungan dan pengurus.  


Demikian beberapa kegiatan di Lingkungan Santo Petrus Volker. Kepada seluruh umat di lingungan, mari kita bersama, terlibat dan bersinergi untuk menjadi tim sukses Tuhan di dunia.


Baca juga: 12 Quotes untuk para pelayan