Celengan Peduli Kasih: Inspirasi Iman Katolik dalam Pelayanan Kepada yang Miskin, Kecil dan Tidak Berdaya

Celengan peduli tunawisma kapan kumpulnya?. Termasuk pertanyaan yang lainnya. Jawabannya baca tulisan ini dengan teliti dan sampai selesai.


TAHUN KEADILAN SOSIAL 2021

 APA YANG KAMU PERBUAT KETIKA AKU SAKIT, TUNAWISMA, LAPAR, DAN HAUS, TIDAK PUNYA PAKAIAN, DI DALAM PENJARA ? (lih. Mat 25:31-46)

Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku. ~ Mat 25: 40. Patung Yesus sakit, tunawisma, lapar dan haus, serta patung tidak punya pakaian merupakan salah satu penanda "Tahun Keadilan Sosial" Keuskupan Agung Jakarta. 


Representasi ini untuk mengingatkan kita supaya semakin peduli kepada Saudara-saudara kita yang lemah, kecil, miskin, tersingkir, dan difabel. Dengan demikian, kita semakin beriman dan bersaudara, kita akan semakin tergerak untuk berbela rasa. Khususnya, mewujudkan keadilan sosial di lingkungan dan masyarakat kita. Salah satunya, dengan gerakan mengumpulkan uang melalui CELENGAN sepanjang tahun ini.


Bentuk celengannya seperti apa?  Jawab: 


Pada prinsipnya bentuk celengannya bebas, disesuaikan dengan kondisi bapak dan ibu sekalian. Intinya di sini ialah celengan tersebut ditempeli dengan stiker (lihat gambar di bawah) dan isi uangnya.

Celengan Peduli Kasih: Inspirasi Iman Katolik dalam Pelayanan Kepada yang Miskin, Kecil dan Tidak Berdaya
Contoh celengan peduli kasih

Tanya: uangnya kapan dikumpulkan dan kapan dikembalikan?

Jawab:

  1. Periode pertama Januari 2021 sampai Febuari 2021. Selanjutnya ketua lingkungan kumpulkan dari umat dan menyerahkan ke korwil, selanjutnya dari korwil ke PSE Paroki FX.
  2. Periode kedua Mei, Juni, Juli (mekanismenya masih sama).
  3. Periode ketiga Agustus sampai Desember 2021