Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Blog dan Apa Manfaatnya untuk Pelajar SMA?: Artikel Receh tetapi Jangan Dianggap Remeh

Apa itu Blog dan Apa Manfaatnya untuk Pelajar SMA?: Artikel Receh tetapi Jangan Dianggap Remeh
Guru kampung bersama siswa - siswi hebat
Blog adalah salah satu media online untuk belajar menulis. Manfaat untuk seorang pelajar adalah bisa menulis skripsi sehingga lulus tepat waktu.

Sesuai dengan judul di atas, "artikel receh tetapi jangan dianggap remeh". 


Mengapa? 


Jawabannya karena pertanyaan tentang apa itu blog dan manfaatnya apa sudah dibahas tuntas oleh blogger - blogger sebelum saya. Tulisan mereka lebih berbobot daripada apa yang saya bahas di sini. Jadi saya katakan artikel receh karena tulisan blogger lain tentang apa itu blog dan manfaatnya lebih baik daripada tulisan ini. Untuk membuktinya silakan cari di google dengan kata kunci apa itu blog dan manfaatnya untuk apa, sobat akan menemukan ulasan yang lengkap di sana.

Apa itu Blog dan Apa Manfaatnya untuk Pelajar SMA?: Artikel Receh tetapi Jangan Dianggap Remeh

Selanjutnya jangan dianggap remeh. 


Mengapa demikian?. 


Jawabannya silakan baca terus tulisan ini.


Di tempat saya mengajar ada eskul blogger dan jurnalistik. Dua hal yang dijadikan satu. Berbeda namun sama, sama tetapi berbeda. 


Barangkali eskul blogger hal yang asing daripada eskul jurnalistik, basket dan lainnya. Sehingga ada orang tua yang menanyakan apa hubungannya pelajaran sekolah dengan blog. Saya ingat pertanyaan serupa ditanyakan juga oleh teman blogger di blog saya yang lain. Saya tidak akan jawab pertanyaan tersebut melalui artikel ini karena itu konten saya di blog bertema pendidikan. Tetapi melalui artikel ini saya ingin memberikan pandangan saya secara umum tentang blog dan manfaatnya untuk seorang pelajar SMA.


Apa itu blog?

Jawabannya relatif karena jawaban yang pasti hanya ada pada tujuan sobat membuat blog dan menulis di blog. Silakan baca 4 hal yang perlu dipersiapkan untuk menjadi blogger masa kini.

Jawaban dari saya tentang apa itu blog sebagai berikut;


Pertama blog adalah tempat belajar menulis

Blog adalah tempat belajar menulis karena blog merupakan media sosial berbasis teks. Berbeda dengan instagram berbasis foto atau youtube berbasis video.

 

Kedua blog adalah sarana untuk belajar hal baru

Blog adalah tempat kita belajar tentang banyak hal, tidak sebatas menulis. Seorang blogger membutuhkan foto sebagai ilustrasi dari tulisannya. Jadi minimal menjadi blogger harus tahu resolusi foto, masalah kamera sampai dengan edit foto. Inilah yang saya maksudkan dengan belajar banyak hal. Pernyataan saya barangkali dibantah seperti ini, "saya tidak butuh semua itu karena saya tidak berminat pada dunia fotografi atau editing foto, apalagi video". 

Oke baik, tetapi saat ini semua serba online. Belajar online, belanja online, pesan ojek online. Jadi suka  atau tidak suka kita harus paham hal - hal dasar yang berhubungan dengan koding. 


Barangkali sobat mau mengatakan seperti ini, "saya bisa hidup kok sir, tanpa koding - kodingan segala".


Yes benar sekali bapak saya di kampung juga masih bisa hidup dan makan pinang dengan santuynya sampai saat ini walau pun beliau tidak paham koding. 

Tetapi putra - putri bapak ibu sekalian akan kuliah dan menulis skripsi. 

Bagian ini silakan lanjut membaca tentang manfaat blog berikut ini.


Manfaat blog

Pertanyaan tentang apa itu blog dan manfaatnya apa untuk pelajar SMA, silakan cari di google jika menginginkan yang ilmiah.

Apa itu Blog dan Apa Manfaatnya untuk Pelajar SMA?: Artikel Receh tetapi Jangan Dianggap Remeh
Jawaban saya tentang manfaat blog berikut ini lebih bersifat reflektif sesuai dengan latar belakang saya sebagai guru.

Baik kita lanjut ya


Manfaat menulis di blog untuk seorang pelajar SMA, menurut saya adalah mempersiapkan mereka untuk sukses di perguruan tinggi. Benar tidak ada sarjana blogger, tetapi setiap mahasiswa sebelum mencapai gelar sarjana pendidikan, kedokteran dan lain - lain dia akan melewati satu tahap yang disebut skripsi. 

Skripsi merupakan kegiatan menulis. Menulis yang baik bukan saja dipelajari tetapi dilatih secara terus menerus. Blog salah satu media untuk melatih menulis.

Jadi jawaban saya tentang apa manfaatnya blog untuk seorang pelajar SMA (sesuaikan dengan konteks pertanyaan di awal), jawabannya mempersiapkan seorang pelajar SMA untuk sukses di perguruan tinggi. 


Apakah ini terdengar sangat klise?


Jika iya maka mari kita belajar Bahasa Indonesia sedikit.


Guru Bahasa Indonesia (SD - Perguruan Tinggi) mengajarkan dua hal, bahasa dan sastra. Kedua hal tersebut di bagi lagi menjadi 4 bagian.

  1. Keterampilan berbicara
  2. Keterampilan menulis
  3. Keterampilan menyimak
  4. Keterampilan membaca
4 hal di atas merupakan tujuan nasional pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah menengah pertama dan atas (SMP dan SMA). 
Sekarang saya akan lanjutkan penjelasannya.

Keterampilan berasal dari kata dasar terampil. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia KBBI terampil berarti mampu.
Apa itu Blog dan Apa Manfaatnya untuk Pelajar SMA?: Artikel Receh tetapi Jangan Dianggap Remeh
Dalam konteks ini tentu mampu menulis, parameternya bisa menulis skripsi, jika dikaitkan dengan konteks dan tujuan kehadiran kelas blogger di tempat saya mengajar. 
Supaya menulis skripsi dengan baik dibutuh latihan menulis, latihan menulis bisa di berbagai macam media, blog salah satu media untuk melatih menulis.

 

Kesimpulannya:

Blog adalah salah satu media online untuk belajar menulis bagi seorang pelajar. Manfaat untuk seorang pelajar adalah bisa menulis skripsi sehingga lulus tepat waktu.
Demikian opini saya tentang apa itu blog dan manfaatnya untuk seorang pelajar SMA. Cukup sekian dulu karena ini konten utama saya di blog yang lain. 

Pertanyaan tentang blog dan manfaatnya untuk pelajar SMA yang saya bahas di sini sangat receh tetapi jangan dianggap remeh soal skripsi. 

Apakah sobat pernah punya pengalaman 'horor' dengan dosen saat konsultasi proposal penelitian atau skripsi?. Silakan berbagi barangkali bisa jadi gambaran untuk siswa - siswi saya di sana. 

Martin Karakabu
Guru kampung dan blogger newbie. 

2 komentar untuk "Apa itu Blog dan Apa Manfaatnya untuk Pelajar SMA?: Artikel Receh tetapi Jangan Dianggap Remeh"

  1. Blog tempat saya meluah perasan, pandangan dan peristiwa yang berlaku.

    Kupasan yang baik oleh Cikgu Martin. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo sobat, terima kasih sudah mampir, yes setujuh. Kita sama, jika ada finansial di balik itu anggap saja bonus. terima kasih sudah mampir ya, salam sehat.

      Hapus