4 Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Menjadi Blogger Masa Kini yang Mampu Bersaing di Mesin Pencarian Google Saat Ini

4 Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Menjadi Blogger Masa Kini yang Mampu Bersaing di Mesin Pencarian Google Saat Ini
Sebelum kita mulai cermati dulu beberapa hal berikut ini, saya sebut disclaimer untuk tulisan ini.

  1. Tulisan ini sangat panjang, siapkan waktu khusus untuk membacanya. Saya membahas tentang tema blog, kata kunci dan templete blog.
  2. Apa yang saya jelaskan berdasarkan pengalaman pribadi (sebagai blogger newbie). Sebagai bahan pertimbangan saran saya googeling (cari di internet) topik - topik yang saya tulis di sini supaya mendapatkan perbandingan dan pertimbangan sebelum memutuskan.
  3. Apa yang saya sarankan (tentang tempelete blog) berdasarkan pengalaman saya menggunakannya. Saya tidak memiliki hubungan khusus terhadap produk - produk yang saya tawarkan (sarankan).

Mengapa menulis topik ini?

Saya menulis artikel ini karena permintaan dari beberapa teman yang saya jumpai di Maumere; dan setelah mereka membaca reviuew saya tentang Guest House Dorm Floress Maumere NTT. Beberapa diantaranya tertarik dan meminta saya untuk buatkan weblog.
4 Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Menjadi Blogger Masa Kini yang Mampu Bersaing di Mesin Pencarian Google Saat Ini

Apa itu blog?

Semua orang memiliki jawabannya masing - masing, jika ditanya tentang definisi blog. Namun bagi saya blog adalah rumah online. 

Tempat kita berbagi, belajar dan mendokumentasikan apa yang sudah kita lakukan. Tujuannya untuk diceritakan kembali kepada generasi sesudah kita. 

Verba volent scripta manent. Kata yang terucap akan lenyap, namun yang tertulis pasti abadi.

Itu jawaban saya jika ditanya apa itu blog. Jawaban lebih ilmiah silakan cari di internet, karena jawaban yang saya berikan lebih kepada refleksi personal selama menulis di blogger.

Hal yang perlu dipersiapkan untuk menjadi blogger masa kini

Pertama cari tahu motivasimu menjadi blogger

Baiklah kita mulai ke inti pembahasan. Untuk menjadi blogger masa kini, yang pertama adalah motivasi (tujuan menjadi blogger itu apa?)
  • Apakah karena uang?
  • Apakah karena hobi? 
  • Ingin belajar menulis, atau
  • Ingin mendokumentasikan kegiatan - kegiatan yang dilakukan?
Jika motivasinya adalah uang maka. Silakan bertanya pada dirimu sendiri. 
  1. Apakah sobat memiliki tim, 
  2. Apakah sobat memiliki waktu khusus.
  3. Apakah saudara memiliki peralatan yang memadai?.

Jika motivasinya karena uang dan tidak memiliki tim (apalagi waktu) maka berhenti dan jangan membaca tulisan ini karena sia- sia saja kawan.

Mengapa demikian jawabannya berhubungan dengan persaingan di mesin pencarian google saat ini; (akan saya bahas di akhir tulisan ini). 

Apabila motivasinya adalah hobi, ingin belajar menulis atau mendokumentasikan kegiatan maka silakan baca lebih lanjut tulisan ini.

Kedua tema blog.

Yang saya maksudkan tema blog adalah topik blog yang akan ditulis. Misalnya pendidikan, kesehatan atau olah raga. 

Sangat disarankan sobat memilih tema khusus. Misalnya pendidikan maka silakan bahas secara khusus tentang guru. Jauh lebih baik lagi kalau lebih spesifik lagi misalnya guru SD. Namun jika motivasinya adalah belajar menulis maka tema campuran (gado - gado) tidak menjadi masalah. 

Bila ingin brand maka buat tema khusus, misalnya anda guru maka buat blog tentang pendidikan. 

Tujuannya ialah brand, sobat ingin dikenal sebagai apa di dunia maya?. Itu yang saya maksudkan dengan brand. Namun jika motivasinya adalah dokumentasi atau belajar menulis maka tema umum seperti blog ini tidak menjadi masalah (menurut saya).

Ketiga Kata kunci

Ini bagian paling penting menurut saya. Kata kunci menentukan tingkat persaingan yang harus sobat menangkan di mesin pencarian google.

Ups lupa, maaf, kata kunci adalah kata - kata yang menjadi target sobat di mesin pencarian google.

Misalnya blog sobat temanya pendidikan maka sobat akan bahas (tulis) tentang masalah guru, belajar online, media belajar, angka lulusan dan semua hal yang berhubungan dengan pendidikan.

Saingan berat sobat adalah website pendidikan yang sudah mapan dan memiliki pembaca tetap. Apakah sobat mampu?

Jawabanya kembali ke motivasi sobat menulis di blog?

Bagaimana dengan blog gado - gado kaka?
Blog gado - gado isinya beragam. Ada sepak bola, ada kuliner, ada traveling (sampai orang yang baca juga pusing) seperti blog ini. Namun bicara persaingan maka sobat harus memiliki kata kunci yang menjadi target. 

Misalnya kata kunci persipura, terlalu berat (menurut saya) karena sobat akan bersaing dengan media - media olah raga yang sudah terlebih dahulu menulis tentang Persipura.

Triknya buat kata kunci yang agak panjang. Misalnya pemain Persipura asal Maluku. Jadi fokusnya ke pemain Persipura asal Maluku saja. 

Trik ini untuk mengakali kemampuan yang kita miliki dan kemungkinan menganalisis tingkat persaingan yang ada di mesin pencarian gooogle.

Gambaran detailnya seperti ini
Analisis
Kata Kunci Analisis Kata Kunci
Tingkat Kesulitan Tantangan
Persipura Sangat sulit Website Besar
Pemain Persipura Sedang Blogger senior yang membahas topik yang sama
Pemain Persipura Asal Maluku Mudah Kualitas konten yang ditulis (Minimal 700 kata)

Catatan penting!


Sobat perlu menganalisis tingkat persaingan di google. Jika dirasa sulit bersaing, maka silakan gunakan kata kunci yang agak panjang.   

Keempat tempelete blog

Bicara tingkat persaingan di google berhubungan erat dengan kecepatan sebuah blog. Kecepatan sebuah blog dipengaruhi oleh beberapa hal.
  • Gambar (foto) yang resolusinya besar (triknya kompres foto jadi ukuran 600 x 400). Itu yang saya pakai.
  • Skrip yang disimpan dalam blog
  • Wiget yang terlalu banyak (ada musik, kalender, maps dan hal yang tidak penting lainnya). Saran saya cukup pakai profil, artikel populer, label blog dan artikel terbaru. Lebih simpel lebih baik (menurut saya).
  • Pemilihan templete blog.
Mari kita bahas khusus tentang pemilihan tempelete blog.
Supaya bisa bersaing di mesin pencarian google pilihlah templete blog yang ringan (simpel). 
Jangan pilih templete yang terlalu "ramai" dengan pernak - pernik ini itu. Kelihatan keren tetapi sesungguhnya itu hanya akan memberatkan loding blog.


Soal templete yang ringan saran saya pakai 2 templete blog berikut ini.
  1. Viomagz buatan mas Sugeng. Silakan cek - clik tulisan viomagz. Tempelete ini sangat ringan, saya juga pakai di blog saya www.gurukampung.com.

  2. Simpel premium buatan bung Frangky (tempelete blog ini). Jika gambar diptimalisasi dengan baik cukup ringan (menurut saya) *untuk melihat templete yang dimaksud silakan klik tulisan simpel premium.
Sobat bisa cari tempelete - templete blog yang lain sesuai selera pribadi. Rekomendasi dari saya dua templete di atas.

Catatan tambahan:

Untuk menjadi blogger pemula yang bisa bersaing di mesian pencarian google hanya beberapa hal di atas yang saya tahu. 

Silakan sobat blogger bisa tambahkan. 

Berikut ini saya akan jelaskan beberapa hal yang juga penting untuk kelangsungan blogger pemula seperti saya (merasa pemula silakan simak).

Pertama miliki pembaca

Saingan terberat blogger masa kini adalah media - media besar (tribun, kompas, jawa pos grup dan media - media besar lainnya). Supaya sobat bisa bersaing di medan yang berat ini, saran saya pilihlah tema blog yang memiliki pembaca tetap. 

Contoh
  • Sobat seorang guru buatlah blog bertema pendidikan. Pembaca tetapnya adalah siswa-siswi anda. 
  • Jika sobat seorang perawat buatlah tulisan yang berhubungan dengan dunia keperawatan. Selain menunjukan keahlian anda bisa jadi relasi yang dibangun selama kuliah dan teman kerja menjadi pembaca tetap sobat. 

Itu yang saya maksudkan dengan memiliki pembaca tetap.
 

Kedua jangan menulis seperti orang menulis skripsi    

Bagian ini sangat penting menurut saya karena beberapa teman yang minta dibuatkan blog saya mengenalnya dengan sangat baik. 

Secara umum mereka bisa menulis (bahkan lebih baik dari saya). Namun penting untuk merefleksikan kembali "mengapa skripsi hanya jadi pajangan di kampus?". 

Saat mencari sesuatu orang akan cari di google. 

Salah satu jawabannya karena tulisan di google simpel dan menggunakan bahasa sehari - hari.

Jadi poinnya adalah tulislah seperti anda berbicara. Jangan seperti beberapa hal berikut ini.
  • Tulisan harus 7 kalimat dalam paragraf. Secara teori benar tetapi tidak untuk tulisan di internet. Cukup satu dua kalimat pendek dalam satu paragraf (saran saya).
  • Hindari penggunaan bahasa baku yang tidak familiar. Contoh "Fenomena - fenomena sosial yang terjadi saat ini". Ribet!. Cukup gejala - gejala sosial yang terjadi saat ini. Lebih familiar dan mudah dicernah (menurut saya).
Intinya adalah gunakan bahasa sesedehana mungkin, asalkan maksud sobat dipahami oleh pembaca.

Qonklusi

  1.  Untuk menjadi blogger yang mampu bersaing di mesin pencarian google pertama - tama tahu dulu motivasi sobat menulis di blog. Jika untuk uang maka sobat harus miliki waktu khusus atau memiliki tim (termasuk peralatan pendukung). Apabila tujuannya untuk belajar dan dokumentasi pribadi maka coba riset beberapa kata kunci yang menjadi target. Tujuannya supaya sanak famili cari nama blog sobat di mesin pencarian google bisa menemukannya.
  2. Menulis di blog berbeda dengan menulis skripsi. Gunakan kata dan kalimat sederhana asalkan maksud sobat dipahami oleh pembaca. 
  3. Gunakan paragraf pendek.
Demikian beberapa hal yang saya tahu tentang persiapan menjadi blogger masa kini. Silakan lengkapi agar tulisan ini menjadi lebih baik. Terbuka untuk dikritik karena saya hanyalah blogger newbie.

Jakarta, 25 Januari 2021

Martin Karakabu
Guru kampung dan blogger newbie.

Barangkali sobat tertarik untuk membaca blogger dan youtuber mana yang lebih baik?