Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Menjadi Blogger Masa Kini yang Mampu Bersaing di Mesin Pencarian Google Saat Ini

4 Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Menjadi Blogger Masa Kini yang Mampu Bersaing di Mesin Pencarian Google Saat Ini
Sebelum kita mulai cermati dulu beberapa hal berikut ini, saya sebut disclaimer untuk tulisan ini.

  1. Tulisan ini sangat panjang, siapkan waktu khusus untuk membacanya. Saya membahas tentang tema blog, kata kunci dan templete blog.
  2. Apa yang saya jelaskan berdasarkan pengalaman pribadi (sebagai blogger newbie). Sebagai bahan pertimbangan saran saya googeling (cari di internet) topik - topik yang saya tulis di sini supaya mendapatkan perbandingan dan pertimbangan sebelum memutuskan.
  3. Apa yang saya sarankan (tentang tempelete blog) berdasarkan pengalaman saya menggunakannya. Saya tidak memiliki hubungan khusus terhadap produk - produk yang saya tawarkan (sarankan).

Mengapa menulis topik ini?

Saya menulis artikel ini karena permintaan dari beberapa teman yang saya jumpai di Maumere; dan setelah mereka membaca reviuew saya tentang Guest House Dorm Floress Maumere NTT. Beberapa diantaranya tertarik dan meminta saya untuk buatkan weblog.
4 Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Menjadi Blogger Masa Kini yang Mampu Bersaing di Mesin Pencarian Google Saat Ini

Apa itu blog?

Semua orang memiliki jawabannya masing - masing, jika ditanya tentang definisi blog. Namun bagi saya blog adalah rumah online. 

Tempat kita berbagi, belajar dan mendokumentasikan apa yang sudah kita lakukan. Tujuannya untuk diceritakan kembali kepada generasi sesudah kita. 

Verba volent scripta manent. Kata yang terucap akan lenyap, namun yang tertulis pasti abadi.

Itu jawaban saya jika ditanya apa itu blog. Jawaban lebih ilmiah silakan cari di internet, karena jawaban yang saya berikan lebih kepada refleksi personal selama menulis di blogger.

Hal yang perlu dipersiapkan untuk menjadi blogger masa kini

Pertama cari tahu motivasimu menjadi blogger

Baiklah kita mulai ke inti pembahasan. Untuk menjadi blogger masa kini, yang pertama adalah motivasi (tujuan menjadi blogger itu apa?)
  • Apakah karena uang?
  • Apakah karena hobi? 
  • Ingin belajar menulis, atau
  • Ingin mendokumentasikan kegiatan - kegiatan yang dilakukan?
Jika motivasinya adalah uang maka. Silakan bertanya pada dirimu sendiri. 
  1. Apakah sobat memiliki tim, 
  2. Apakah sobat memiliki waktu khusus.
  3. Apakah saudara memiliki peralatan yang memadai?.

Jika motivasinya karena uang dan tidak memiliki tim (apalagi waktu) maka berhenti dan jangan membaca tulisan ini karena sia- sia saja kawan.

Mengapa demikian jawabannya berhubungan dengan persaingan di mesin pencarian google saat ini; (akan saya bahas di akhir tulisan ini). 

Apabila motivasinya adalah hobi, ingin belajar menulis atau mendokumentasikan kegiatan maka silakan baca lebih lanjut tulisan ini.

Kedua tema blog.

Yang saya maksudkan tema blog adalah topik blog yang akan ditulis. Misalnya pendidikan, kesehatan atau olah raga. 

Sangat disarankan sobat memilih tema khusus. Misalnya pendidikan maka silakan bahas secara khusus tentang guru. Jauh lebih baik lagi kalau lebih spesifik lagi misalnya guru SD. Namun jika motivasinya adalah belajar menulis maka tema campuran (gado - gado) tidak menjadi masalah. 

Bila ingin brand maka buat tema khusus, misalnya anda guru maka buat blog tentang pendidikan. 

Tujuannya ialah brand, sobat ingin dikenal sebagai apa di dunia maya?. Itu yang saya maksudkan dengan brand. Namun jika motivasinya adalah dokumentasi atau belajar menulis maka tema umum seperti blog ini tidak menjadi masalah (menurut saya).

Ketiga Kata kunci

Ini bagian paling penting menurut saya. Kata kunci menentukan tingkat persaingan yang harus sobat menangkan di mesin pencarian google.

Ups lupa, maaf, kata kunci adalah kata - kata yang menjadi target sobat di mesin pencarian google.

Misalnya blog sobat temanya pendidikan maka sobat akan bahas (tulis) tentang masalah guru, belajar online, media belajar, angka lulusan dan semua hal yang berhubungan dengan pendidikan.

Saingan berat sobat adalah website pendidikan yang sudah mapan dan memiliki pembaca tetap. Apakah sobat mampu?

Jawabanya kembali ke motivasi sobat menulis di blog?

Bagaimana dengan blog gado - gado kaka?
Blog gado - gado isinya beragam. Ada sepak bola, ada kuliner, ada traveling (sampai orang yang baca juga pusing) seperti blog ini. Namun bicara persaingan maka sobat harus memiliki kata kunci yang menjadi target. 

Misalnya kata kunci persipura, terlalu berat (menurut saya) karena sobat akan bersaing dengan media - media olah raga yang sudah terlebih dahulu menulis tentang Persipura.

Triknya buat kata kunci yang agak panjang. Misalnya pemain Persipura asal Maluku. Jadi fokusnya ke pemain Persipura asal Maluku saja. 

Trik ini untuk mengakali kemampuan yang kita miliki dan kemungkinan menganalisis tingkat persaingan yang ada di mesin pencarian gooogle.

Gambaran detailnya seperti ini
Analisis
Kata Kunci Analisis Kata Kunci
Tingkat Kesulitan Tantangan
Persipura Sangat sulit Website Besar
Pemain Persipura Sedang Blogger senior yang membahas topik yang sama
Pemain Persipura Asal Maluku Mudah Kualitas konten yang ditulis (Minimal 700 kata)

Catatan penting!


Sobat perlu menganalisis tingkat persaingan di google. Jika dirasa sulit bersaing, maka silakan gunakan kata kunci yang agak panjang.   

Keempat tempelete blog

Bicara tingkat persaingan di google berhubungan erat dengan kecepatan sebuah blog. Kecepatan sebuah blog dipengaruhi oleh beberapa hal.
  • Gambar (foto) yang resolusinya besar (triknya kompres foto jadi ukuran 600 x 400). Itu yang saya pakai.
  • Skrip yang disimpan dalam blog
  • Wiget yang terlalu banyak (ada musik, kalender, maps dan hal yang tidak penting lainnya). Saran saya cukup pakai profil, artikel populer, label blog dan artikel terbaru. Lebih simpel lebih baik (menurut saya).
  • Pemilihan templete blog.
Mari kita bahas khusus tentang pemilihan tempelete blog.
Supaya bisa bersaing di mesin pencarian google pilihlah templete blog yang ringan (simpel). 
Jangan pilih templete yang terlalu "ramai" dengan pernak - pernik ini itu. Kelihatan keren tetapi sesungguhnya itu hanya akan memberatkan loding blog.


Soal templete yang ringan saran saya pakai 2 templete blog berikut ini.
  1. Viomagz buatan mas Sugeng. Silakan cek - clik tulisan viomagz. Tempelete ini sangat ringan, saya juga pakai di blog saya www.gurukampung.com.

  2. Simpel premium buatan bung Frangky (tempelete blog ini). Jika gambar diptimalisasi dengan baik cukup ringan (menurut saya) *untuk melihat templete yang dimaksud silakan klik tulisan simpel premium.
Sobat bisa cari tempelete - templete blog yang lain sesuai selera pribadi. Rekomendasi dari saya dua templete di atas.

Catatan tambahan:

Untuk menjadi blogger pemula yang bisa bersaing di mesian pencarian google hanya beberapa hal di atas yang saya tahu. 

Silakan sobat blogger bisa tambahkan. 

Berikut ini saya akan jelaskan beberapa hal yang juga penting untuk kelangsungan blogger pemula seperti saya (merasa pemula silakan simak).

Pertama miliki pembaca

Saingan terberat blogger masa kini adalah media - media besar (tribun, kompas, jawa pos grup dan media - media besar lainnya). Supaya sobat bisa bersaing di medan yang berat ini, saran saya pilihlah tema blog yang memiliki pembaca tetap. 

Contoh
  • Sobat seorang guru buatlah blog bertema pendidikan. Pembaca tetapnya adalah siswa-siswi anda. 
  • Jika sobat seorang perawat buatlah tulisan yang berhubungan dengan dunia keperawatan. Selain menunjukan keahlian anda bisa jadi relasi yang dibangun selama kuliah dan teman kerja menjadi pembaca tetap sobat. 

Itu yang saya maksudkan dengan memiliki pembaca tetap.
 

Kedua jangan menulis seperti orang menulis skripsi    

Bagian ini sangat penting menurut saya karena beberapa teman yang minta dibuatkan blog saya mengenalnya dengan sangat baik. 

Secara umum mereka bisa menulis (bahkan lebih baik dari saya). Namun penting untuk merefleksikan kembali "mengapa skripsi hanya jadi pajangan di kampus?". 

Saat mencari sesuatu orang akan cari di google. 

Salah satu jawabannya karena tulisan di google simpel dan menggunakan bahasa sehari - hari.

Jadi poinnya adalah tulislah seperti anda berbicara. Jangan seperti beberapa hal berikut ini.
  • Tulisan harus 7 kalimat dalam paragraf. Secara teori benar tetapi tidak untuk tulisan di internet. Cukup satu dua kalimat pendek dalam satu paragraf (saran saya).
  • Hindari penggunaan bahasa baku yang tidak familiar. Contoh "Fenomena - fenomena sosial yang terjadi saat ini". Ribet!. Cukup gejala - gejala sosial yang terjadi saat ini. Lebih familiar dan mudah dicernah (menurut saya).
Intinya adalah gunakan bahasa sesedehana mungkin, asalkan maksud sobat dipahami oleh pembaca.

Qonklusi

  1.  Untuk menjadi blogger yang mampu bersaing di mesin pencarian google pertama - tama tahu dulu motivasi sobat menulis di blog. Jika untuk uang maka sobat harus miliki waktu khusus atau memiliki tim (termasuk peralatan pendukung). Apabila tujuannya untuk belajar dan dokumentasi pribadi maka coba riset beberapa kata kunci yang menjadi target. Tujuannya supaya sanak famili cari nama blog sobat di mesin pencarian google bisa menemukannya.
  2. Menulis di blog berbeda dengan menulis skripsi. Gunakan kata dan kalimat sederhana asalkan maksud sobat dipahami oleh pembaca. 
  3. Gunakan paragraf pendek.
Demikian beberapa hal yang saya tahu tentang persiapan menjadi blogger masa kini. Silakan lengkapi agar tulisan ini menjadi lebih baik. Terbuka untuk dikritik karena saya hanyalah blogger newbie.

Jakarta, 25 Januari 2021

Martin Karakabu
Guru kampung dan blogger newbie.

Barangkali sobat tertarik untuk membaca blogger dan youtuber mana yang lebih baik?

22 komentar untuk "4 Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Menjadi Blogger Masa Kini yang Mampu Bersaing di Mesin Pencarian Google Saat Ini"

  1. bagus sekali tips nya pak...blog aku ngga ada tim..cuma untuk suka-suka & stress reliever..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hay, shallom sobat Malasysia, apa kabar, semoga selalu sehat ya. Hehee tulisan ini untuk beberapa teman. Bicara di zoom kadang koneksi internetnya agak terganggu jadi ditulis saja, kemudian mereka baca, ada pertanyaan baru jawab via zoom, terima kasih untuk apresiasinya. Apa pun kondisinya semangat terus menulis di blog...

      Terima kasih sudah berkunjung ya...

      Hapus
  2. Terimakasih banyak panduan yang bermanfaat ini, pak guru Martin.
    Sangat informatif, terutama untuk para blogger pemula seperti saya ini.

    By the way, tulisan artikel pak guru makin digarap apik.
    Salut untuk itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehhe salam newbie mas Him saudaraku. ups newbie opo mas, wong saya dulu diperkenalkan oleh mas Him saat masih bayi di dunia blogger. Terima kasih untuk moment itu saudaraku...

      Apik kwkwk, opo mene mas, tulisan amburadul ne hehhee

      Maturnuhun sudah berkunjung mas Him, salam sehat dan tetap semangat ya..Tuhan berkati...

      Hapus
  3. aaaaakkkk aku save dulu pak guru mas martin...ilmunya cakep deh..soalnya aku lagi belajar garap paragtaf pendek kayak tulisan di blog mas martin...terus terang paragraf pendek (kecuali pas garap giksi cerpen cerbung yang tetep panjang) aku molai tertarik dengan paragraf pendek ala ala portal onlain...meski isinya tetap blog personal dan cerita keseharian atau hal hal yang disukai. tapi dengan memangkas paragraf kurleb menarik perhatian pengunjung karena tidak capek bacanya...tentunya tetap taktambahi ilustrasi pendukungnya yang sebisa mungkin berasal dari jepretanku


    kata kunci juga penting, seenggaknya bagi aku pribadi yang senang kalau ada pembaca nyasar ketemu tulisanku hehhehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehhee ilmu blogger newbie mbak.

      Bebas saja mbak barangkali yang paling penting menurut saya adalah tempatkan diri kita kepada pembaca. Mungkin itu bisa jadi refrensi dalam mengelola blog.

      Kita sama - sama belajar mbak, mari berbagi dan sama - sama belajar. Tetap semangat dan terus berkarya kuncinya... salam sehat mbak

      Hapus
  4. dibilang blog adalah rumah online memang ada benarnya sih. blogger menjadi pemilik rumah tersebut. sebagaimana manusia mengelola rumah, butuh pengetahuan, kerja keras, dan kemauan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kerja keras dan kemaun yes itu yang sedang saya usahakan terima kasih sudah mampir mas, salam sehat dan terus semangat ya...

      Hapus
  5. Lengkap dan jelas sekali pemaparan sial seluk-beluk dunia blogging ini bang, secara garis besar dapat saya ambil kesimpulan kira-kira begini:
    Dunia blogging hanya bisa digeluti oleh orang-orang yang punya kemauan yang tinggi untuk belajar, menganalisis dan menuangkannya ke dalam tulisan. Butuh ketekunan dan kesabaran. Tidak fokus mengejar uang, tapi lebih ke sebagai tempat menyalurkan hobi dan menimba ilmu serta membagikannya. Tidak mudah menyerah dan tidak gampang puas atas pencapaian yang telah diraih. Konsisten dan terus memperbaiki kelemahan diri sendiri, selalu berusaha mengoreksi setiap kekurangan dan meningkatkannya lagi di masa mendatang.

    Itu saya dari saya bang, lebih kurangnya mohon maaf karena saya juga masih belajar.

    Terimakasih dan sukses selalu buat bang Martin dan rekan-rekan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adu kang, suatu kehormatan buat saya saat akang berkomentar di tulisan ini. Adu jadi malu hehehe, niat saya mau berbagi kang bukan mengajari hehe... beberapa teman minta diajarkan tentang blog via zoom jadi saya tulis, biar dibaca terlebih dahulu, bagian yang bingung baru saya jelaskan, sesuai ilmu sederhana dan apa adanya yang saya miliki.

      Benar kang menjadi blogger butuh ketekunan, kemauan untuk belajar dan konsisten, jika orientasinya uang adu kalah saing kita dengan media besar. Terima kasih banyak sudah menguatkan argumentasi saya kang. salam hangat dan terus berkarya.

      Hahah tidak ada yang perlu dimaafkan kang karena tidak ada kesalahan. Mari kita sama - sama belajar. Saling melengkapi untuk raga yang lain; yang mau belajar tentang seluk beluk blog...

      sekali lagi terima kasih atas kunjungannya kang salam sehat dan terus berkarya...

      Hapus
  6. Mantap ini artikelnya bang, lengkap tuntas! Dulu awal ngeblog targetku tuh niche traveling tapi semakin kesini kok aku jadi jarang traveling akhirnya berimbas kepada semakin jarang nulis. Sekarang blogku mau kuisi tulisan apa aja lah, yang penting ada isinya, haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo sobat, terima kasih atas apresiasinya. Target tidak tercapai nice gado - gado seperti blog ini bisa kita jadkan solusi alternatif.

      Terima kasih sudah mampir kemari sobat. Salam kenal dan mari kita menulis hehhee

      Hapus
  7. Nice article, Kak Martin! Lengkap dan detil banget. Penjelasannya juga enak dibaca πŸ‘πŸ». Semoga banyak blogger yang membaca tulisan ini sebab ilmunya daging banget nih 🀭

    Aku pun setuju dengan pernyataan Kakak bahwa menulis di blog tidak perlu sampai 7 kalimat per paragraf seperti yang diajarkan di pelajaran Bahasa Indonesia waktu sekolah dulu 🀭 sebab kalau terlalu panjang, kadang suka malas membacanya, apalagi jika isinya mengulang-ulang saja πŸ˜‚. That's why sebenarnya menulis di blog agak tricky juga ya, nggak bisa asal menulis aja, perlu diperhatikan kenyamanan pembaca agar pada betah berlama-lama di blog kita 🀭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehhee Amin teh Lia, duh ilmu daging, macam apa jenis ilmu itu teh hehhee

      Hanya menulis berdasarkan kata hati dan pengalaman saja teh, jika bermanfaat Puji Tuhan.

      Soal paragraf yes saya dukung tu, soalnya saya pribadi pusing kalau baca paragraf panjang -panjang.

      Apa pun gayanya yang penting kita tetap menulis teh...

      Terima kasih sudah mampir kemari teh, sukses selalu

      Hapus
  8. Beda memang ya, postingan yang disusun berdasarkan pengalaman benar-benar berbicara nyata tentang penulisnya itu sendiri. Ilmu yang dibagikan jadinya nggak terdengar main-main. Terima kasih banyak, Mas Martin, saya selaku blogger pemula ini benar-benar dapat banyak masukan baru setelah membaca tips-tips yang dimuat di sini, terutama bagian yang menegaskan supaya menulis dengan bahasa-bahasa yang sederhana. Bisa dilihat sendiri deh komentar saya gimana, hahahaha, kaku seperti kanebo kering mungkin, ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe Mbak Ila, jarang - jarang saya dipuji macam begini, hehhe tetapi terima kasih jika ada sedikit hal baik dalam coretan tak berfaedah ini.

      Kita sama - sama pemula mbak mari kita sama - sama belajar semoga menjadi berkat.

      Yes Bahasa sederhana yang penting dipahami oleh pembaca, itu sudah cukup..

      Apresiasi yang luar biasa, semoga semangat menulis bisa kembali lagi, Harapannya tetap menjadi blogger seutuhnya kwkwk bukan youtuber walau banyak peminatnya. Semangat!

      Hapus
  9. Wah, Mas Martin ini memberikan tips buat para bloger biar namanya makin kesis di dumay hehehe :) Kalau aku sih ngeblog untuk penyaluran hobi nulis. Daripada nikin status FB kan malah menghilang. Blog bagi aku sebagai diary, cerita sekaligus berbagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehhee eksis opo teh kwkwk, ini juga roro ngidul ngak jelas ne, bagi ilmu dulu teh hahah.

      Betul teh, daripada di FB saya mendingan di blog, karena blog adalah diary, tos teh soal ini kita sependapat,

      Yups betul sekali teh...cerita sekaligus berbagi, jika ada berkat anggap saja bonus, tetap semangat teh, salam sehat dan terus berkarya...^^

      Hapus
  10. Terima kasih berbagai tips nya bang, sangat bermanfaat.
    kemudian, kalo ditanya apa motivasiku buat blog, jawabannya adalah hanya sebagai tempat berbagi cerita dan inspirasi.. Siapa tau akan ada orang yg terinspirasi dari tulisanku #eaaakk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini yang saya suka, kata inspirasi dan siapa tahu ada yang terinspirasi kok kita punya prinsip yang sama ya mas Dodo hehehe... itu artinya kita ngeblog karena Hobi jika ada sedikit rupiah yang kita peroleh dari blog anggap saja bonus, tetap semangat mas Dodo.

      Hapus
  11. Selamat malam ama... rata-rata semua blogger awalnya termotivasi untuk belajar menulis dan berbagi cerita, entah mengapa aku tak berdaya lama kelamaan mulai tertarik dengan SEO, Earning dan lain sebagainya.. BTW Thanks sudah berbagi ama...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul ama, wajar dan sah karena kita butuh "bensin" untuk berkarya. SEO dll itulah bensin yang saya maksud. Termasuk artikel reviuew.

      Jadi tetap semangat ama, terima kasih sudah hadir kembali, salam sehat ama.

      Hapus