Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Hal Positif yang Bisa Kita Pelajari dari Ustaz Habib Husein Jafar

2 Hal Positif yang Bisa Kita Pelajari dari Ustaz Habib Husein Jafar
Kreasi gambar dari cariustadz.id
Niat awal ingin menulis profil Ustaz Habib Husein Jafar. Namun setelah dicek di internet sudah banyak yang membahas profil beliau. 


Jadi tulisan - tulisan yang baik dan memberi pesan perdamaian dari para sahabat itu akan saya tautkan di bagian akhir tulisan ini. 


Bagi saya Ustaz Habib Husein Jafar adalah inspirasi di tengah padatnya politik identitas. Cenderung membuat dinding pemisah antara kelompok identitas yang satu dengan kelompok identitas yang lain. Tetapi Ustaz Habib Husein Jafar hadir dengan konsep baru, Indonesia adalah kita bukan dia atau mereka.


Inspirasi dan berbeda dari kebanyakan. Itulah hebatnya beliau di mata saya sebagai seorang Nasrani. 


Berikut ini tiga hal postif yang akan kita pelajari dari belau. Namun mari kita berkenalan dulu dengan beliau. 


Profil Ustaz Habib Husein Jafar

Husein Ja'far adalah Kandidat Magister Tafsir Qur’an di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Ia merupakan Penulis Buku Keislaman terbitan Gramedia & Mizan, Penulis di Media Massa Seputar Keislaman (Kompas, Majalah Tempo), 


Pembicara Seputar Keislaman di TV Nasional (Metro TV, CNN Indonesia, dan lain - lain), Direktur Cultural Islamic Academy Jakarta, dan Aktivis di Gerakan Islam Cinta.


Konklusi:

  • Nama Lengkap : Husein Ja’far Al Hadar S.Fil.I
  • Kota Asal Husein Ja’far Al Hadar : Tangerang Selatan
  • Pendidikan Husein Ja’far Al Hadar : Kuliah Tafsir di Pasca Sarjana UIN Jakarta
  • Nama Akun Instagram Husein Ja’far Al Hadar : @husein_hadar
  • Nama Akun Twitter Husein Ja’far Al Hadar : @Husen_Jafar
  • Nama Akun Youtube Husein Ja’far Al Hadar : Jeda Nulis
Sumber data - data di atas, silakan click cariustaz.id

Lainnya:

Jumlah followers instagram Husein Ja’far Al Hadar adalah 198 ribu followers
2 Hal Positif yang Bisa Kita Pelajari dari Ustaz Habib Husein Jafar
Jumlah followers twitter Husein Ja’far Al Hadar adalah 120,1 ribu followers
2 Hal Positif yang Bisa Kita Pelajari dari Ustaz Habib Husein Jafar


Jumlah subscribe youtube Husein Ja’far Al Hadar adalah 226 ribu subscribe di Youtube.
2 Hal Positif yang Bisa Kita Pelajari dari Ustaz Habib Husein Jafar

Buku Husein Ja’far Al Hadar dijual di instagram @WarungSejarahRI
2 Hal Positif yang Bisa Kita Pelajari dari Ustaz Habib Husein Jafar
2 Hal Positif yang Bisa Kita Pelajari dari Ustaz Habib Husein Jafar

Husein Ja’far Al Hadar sering melakukan dakwah digital bersama Tretan Muslim dan Coki Pardede.

Update 25-12-2020; pukul 10.08, bila ada pengurangan atau penambahan followers itu artinya terjadi setelah hari dan jam yang saya tulis. 

2 Hal Positif yang Bisa Kita Pelajari dari Ustaz Habib Husein Jafar


Hal positif  pertama yang bisa kita pelajari dari Ustaz Habib Husein Jafar adalah berani berbeda

Menjadi berbeda dari kebanyakan orang adalah hal yang sulit. Misalnya sebagai remaja cenderung mengikuti gank atau kelompoknya supaya diakui dalam komunitas tersebut. Tindakan yang melawan nurani, kadang terpaksa dilakukan asalkan eksis dan diterima.


Contoh:

Melakukan tindakan bullying di sekolah sudah biasa bagi sekelompok remaja yang merasa diri 'kuat'. Barangkali salah satu anggotanya tidak menyukai tindakan tersebut, namun atas nama kebersamaan maka semangat jiwa korsa yang salah pun dianggap benar. Meski pun harus melawan suara hati.


Bagi Ustaz Habib Husein Jafar tidak memakai jubah dalam berdakwa tidak jadi masalah karena yang utama bagi beliau adalah konten (isi ceramah) bukan yang tampil lahiriah. Berdakwah di musola atau masjid itu sudah biasa, namun yang luar biasa adalah berdakwah di tempat karoke atau diskotik. Itu yang Ustaz Habib Husein Jafar lakukan. 


Saya sebut tindakan nekat untuk tujuan yang teramat mulia. Alasan beliau sobat bisa tonton melalui video berikut ini. 

Sekaligus sobat bisa mengkonfirmasi kata - kata saya di atas.


Hal yang bisa kita pelajari dari beliau adalah sebagai berikut.

Sebagai guru

Menjadi guru puluhan tahun tetapi menggunakan cara - cara lama puluhan kali saya pikir sudah tidak efektif lagi. Maksud saya cermah monoton di depan kelas, catat buku sampai habis. Sebagai guru kita bisa belajar dari cara berdakwah Ustaz Habib Husein Jafar namun konteksnya dalam kelas. Apalagi sekarang kelas online dampak dari pandemi covid 19.


Terkait pernyataan saya tentang kelas belajar online dan masalah guru sobat bisa membaca Menjadi guru blogger karena proses belajar.


Hal positif  kedua yang bisa kita pelajari dari Ustaz Habib Husein Jafar adalah cinta kepada pluralisme bangsa Indonesia


Saya terharu dan bangga menyaksikan channel youtube Ustaz Habib Husein Jafar berikut ini.
Di situ nampak jelas bahwa beliau seorang intelektual muda yang sangat mencintai negeri ini. Beliau pun menjunjung tinggi kemajemukan kita sebagai sebuah bangsa. Jadi makna yang kita bisa pelajari adalah DON'T JUDGE A BOOK BY ITS COVER.

  • Itu kafir
  • Dia Islam
  • Dia Kristen
  • Dia Arab
  • Kamu Cina

Gaes stop sudah Judge negara lain sudah sampai bulan kita masih permasalahkan hal - hal seperti ini. Indonesia harga mati sudah selesai. Indonesia adalah kita bukan dia atau mereka. Pancasila rumah kita, rumah untuk kita semua. Bukan rumahnya kelompok tertentu. 

Mari kita bersama membangun bangsa dan belajar dari cara pandang ustaz muda ini.

Selamat Natal untuk saudara - saudariku yang merayakannya dan selamat Tahun baru 2021. 

Tahun baru, lahir baru pandangan baru. Indonesia adalah kita bukan dia atau mereka. 

Hal penting lainnya adalah tahun baru di rumah saja, mari bantu pemerintah untuk memerangi pandemi covid 19. Hindari kerumunan demi orang - orang yang kita cintai. Salam damai satu dalam karya.

Martin Karakabu

Guru kampung dan blogger newbie

Rujukan

Silakan cek juga pembahasan serupa yang ditulis oleh orang - orang hebat dan media -  media keren berikut ini.
  1. Detik. com :Dakwah Digital Sang Habaib Muda; ditulis oleh Pasti Liberti, Editor: Sapto. Isinya silakan klik di sini.
  2. Minews.id: Habib Husein Ja’far Hadar dengan Damai dan Cinta; ditulis oleh Abdullah Faiz. Isinya klik di sini.
  3. Dream.co.id: 10 Pesan Menyejukkan Ustaz Digital Habib Husein Jafar; ditulis oleh Siwi Nur Wakhidah. Isinya klik di sini
Tiga media cetak dan satu akun youtube di atas adalah sumber inspirasi tulisan ini.

29 komentar untuk "2 Hal Positif yang Bisa Kita Pelajari dari Ustaz Habib Husein Jafar"

  1. Ambil yang positif sahaja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju, terima kasih sobat sudah berkunjung. Apa kabar Malaysia?

      Hapus
    2. Kes makin naik. Saya cuba jaga diri dan kesihatan.

      Hapus
  2. sudah saatnya intoleransi dimusnahkan, semoga figur figur seperti Habib Husen ini bertambah banyak dan generasi penerus bangsa ini terselamatkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Mas Intan, setuju mas saatnya kita melihat ke arah yang sama untuk membangun bangsa. Terima kasih atas komentarnya yang sangat cerdas dan bijak mas, salam hangat dan terus berkarya mas.

      @Annisa Hay Salam damai Indonesia, pancasila rumah kita bersama....

      Hapus
  3. Waah aku baru tau mas Martin ada blog pribadi yg lain :). Btw, mau ngucapin dulu, selamat natal ya mas. Semoga natal kali ini, walopun terasa berbeda, tapi membawa kebahagiaan dan berkah untuk mas dan keluarga.

    Jujur aja, aku ga terlalu tau ustad2 zaman skr. Tapi buatku, yg namanya ustad, bicaranya enak didenger, ga teiak2, ga pake kata2 kasar , ga tiap saat maki orang ato doanya cuma berisi kutukan. Kalo ustad begitu, aku ga akan anggab dia ustad, tp lebih ke syetan pakai gamis.

    Jadi selama ustad ini berbicara halus dan enak, juga bisa toleran kepada masyarakat yg berbeda dengan dia, aku pastikan aku bakal hormati dan suka dengan isi ceramahnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hay mabak Fanny, setiap komentar selalu memberi inspirasi dan semangat. Terima kasih mbak, orang hebat yang rendah hati.

      Iya mbak ini tempat saya bicara sembarangan tentang apa saja hehheee

      Amin, terima kasih banyak mbak Fanny dan dan harapan yang sama semoga mbak Fanny sekeluarga selalu diberi kemudahan dalam menjalani tahun yang baru dengan semangat baru...

      Kalau istad ini beda bangat mbak, sungguh beliau idola saya, orang hebat yang tahu bagaimana seharusnya menjadi rohaniwan dan inlektual...

      Pokoknya ustad ini keren bangat mbak, coba lihat video youtubenya teh... keren bangat, sudah begitu kata - katanya sangat lembut dan bijaksana. Ustad inspirasi bagi bangsa... beliau sangat hebat menurut saya mbak, coba mbak Fanny lihat video youtubenya, keren bangat mbak...

      Terima kasih banyak sudah berkomentar mbak Fanny, senang sekali atas kunjungannya, selalu memberikan suport dengan kata - kata yang penuh inspirasi, tetap semangat dan salam buat keluarga terkasih.

      Hapus
  4. Semoga sosok-sosok seperti ini bisa bertambah jumlahnya di NKRI tercinta ini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin ama, semoga demikian. Doa dan harapan kita semua

      Hapus
  5. Mau apapun agamanya menurut saya sama saja, junjung tinggi toleransi adalah kunci hidup bernegara, kalau tanpa toleransi ya habis, pasti terpecah belah, jadi yuk mari bergandengan tangan dan sama-sama mengusur penjajah yang intoleransi terhadap agama, ustad yang good joob, karena sangat suka dengan toleransi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kho, ustadnya keren dan sangat menjunjung tinggi toleransi, beliau inspirasi bagi kita semua...

      Terima kasih sudah berkunjung kho, salam hangat untuk keluarga di Bangka

      Hapus
  6. hidup dalam pelbagai bangsa dan agama, toleransi amat perlu untuk kekal harmonis..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes sangat setuju, hidup bersama dalam perbedaan maka toleransi sangat penting. terima kasih atas kunjungannya sobat, komentar cerdas dan sangat bijak.

      Hapus
  7. Salut sama tulisan tulisan Mas Martin, selalu objektif dan mendidik. 👍👍👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hay pak Sofyan terima kasih atas kunjungannya, lama tak bersua, apa kabar pak, semoga selalu semangat dan terus berkarya ya. salam hangat, senang dapat berjumpa kembali di jagat maya...

      Hapus
  8. wah aku jadi tahu profil beliau berkat baca tulisan pak guru martin

    point kedua menarik perhatianku pak guru, yakni menjadikan proses belajar mengajar yang terinspirasi dari bagaimana cara beliay berdakwah..aku pikur ini inovasi juga ya kalau diterapkan dalam proses kbm ya biar ada varisinya gitu dan murid pun bisa mendapat penyegaran sehingga nantinya diharapkan akan dapat menangkap materi yang diajarkan dengan nyantol gitu hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehhehee, terima kasih mabak Tiwi, beliau guru kita semua...

      Betul sekali mbak Tiwi, apa yang dilakukan ustad hebat ini bisa dilakukan lagi oleh siapapun dengan medan pelayanan yang berbeda, jika mau berinovasi saya pikir bisa karena kisi kisinya sudah dijelaskan bahkan dilakukan oleh ustad muda yang menginspirasi ini...

      Kalau secara personal saya akan terapkan ilmunya beliau di ruang kelas e hehehe

      Hapus
  9. Halooo Bang Martin...
    Habib Husein Ja'far adalah salah satu pendakwah yg cukup saya kagumi. Dengan gaya anak muda, dia bisa masuk ke kelangan mereka. Terutama perkotaan mengenah ke atas yang dirasa agak liberal. Buktinya, Tretan Muslim dan Coki akhirnya berkolaborasi dalam konten "Pemuda Tersesat". Banyak hikmah yg bisa diambil dari sana, walopun terkadang pertanyaannya nyeleneh. Hahaha

    Kemudian, sedikit koreksi. Habib Husein bukan lagi kandidat Master. Tetapi beliau telah menamatkan studi S-2 nya.
    Thanks. Nice Sharing!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hay mas Dodo, terima kasih atas koreksinya mas, siap diperbaiki.

      Iya beliau bagi saya sangat luar biasa, hebat...

      Oh rupanya mas Dodo banyak tahu tentang Beliau ya hebat - hebat...

      Sama - sama mas, Maaf jika ada kesalahan penulisan ya, salam hangat mas...

      Hapus
  10. Wah, informasi yang keren nih. Jadi tau profil tokoh Islam yang menginspirasi. Kita ambil hikmahnya aja dan pesan2 postif beliau.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju teh, beliau hebat sekali berwibawa, cerdas dan rendah hati, semoga pesan beliau menginspirasi kita semua. Terima kasih sudah berkunjung teh.. salam hangat dan tetap semangat...

      Hapus
  11. aku harus kepo lebih lagi soal habib husein ini, karena nggak pernah perhatian juga dengan ustad yang lagi happening sekarang ini
    ada lagi ustad yang rame diomongin ketika beliau meet up dengan anak yang membaca quran di tepi trotoar waktu itu, adem banget denger beliau ngomong sama si anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Ainun coba de, simak Youtubenya Ustad hebat dan cerdas ini pasti adem deh, pemikirannya dan gaya beliau berbicara sungguh sangat enak didengar... disimak video youtube sang ustad ya mbak hehhee...

      Terima kasih sudah berkunjung, salam hangat mbak....

      Hapus
  12. Salam Selamat Natal dan Tahun Baru Moat Guru...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih ama, selamat Natal dan tahun baru juga ama, salam damai dan tetap berkarya ...

      Hapus
  13. kita damai bro semoga indonesia selalu utuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, terima kasih mas, salam hangat dan terus berkarya... Damai Indonesia

      Hapus
  14. Benar pak guru, diambil positif saja dan buang jauh - jauh yang jelek jelek. Dan, dari situ saya bisa mengambil kesimpulan bahwa semua agama itu sama yang terpenting sih saling toleransi .

    BalasHapus