Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yustinus Pae Bek Kanan Andalan Persipura, Ditemukan Ivan Kolev dan Diubah Jakson F. Tiaga

Yustinus Pae Bek Kanan Andalan Persipura, Ditemukan Ivan Kolev dan Diubah Jakson F. Tiaga
Yustinus Pae, Pemain Persipura
Yustinus Pae, sering disapa Tipa oleh koleganya di Persipura. Pemain asal Koya Kabupaten Jayapura ini 'ditemukan' oleh Ivan Kolev, mantan pelatih Timnas Indonesia. Sekaligus diubah oleh Jakson F Tiago menjadi seorang bek.


Memulai karir dari tim tarkam di Koya, kemudian ia mencoba peruntungan di Persitoli Tolikara Wamena Papua dan Persipura Junior U 23. Kedatangan Kolev pada tahun 2006 ke Persipura membuat ia diproyeksi ke tim senior di bawah arahan pelatih kepala Ivan Kolev.   


Posisi aslinya sebenarnya striker, namun sulit bersaing dengan nama - nama beken macam Alberto Gonzales, Boas Salosa dan Ernest Jeremiah maka dia harus rela menjadi penghuni bangku cadangan kala itu. 


"Tahun 2011 Persipura berjumpa dengan Chonburi Thailand, saya dicoba oleh Jakson karena posisi bek saat itu sedang kosong" ujarnya Pae, dilansir dari Panji Tarkam, Channel Youtube Estu Ernesto, pegiat sepak bola Indonesia.


"Karena memang tim sedang butuh dan saya dianggap pas untuk menempati posisi tersebut oleh pelatih kepala, Jakson F Tiago maka saya sampai sekarang jadi bek" jelasnya lebih lanjut.


Pemain yang kini sedang mengikuti kursus kepelatihan itu mengatakan menjadi bagian dari tim Persipura merupakan mimpinya sejak kecil, dikutip dari Indosport.com, edisi 14/11/20.


Bek kanan andalan Persipura itu akan mengakhiri masa baktinya untuk tim Mutiara Hitam karena faktor usia, kira - kira siapa penerus sayap kanan tim Persipura selanjutnya?


Tulisan ini terinspirasi dari channel Youtube Panji Tarkam, Estu Ernesto

Sumber foto youtube Estu Ernesto


Baca juga: Gunansar Mandowen, Pemain Persipura yang Memiliki Angka Request Tertinggi

5 komentar untuk "Yustinus Pae Bek Kanan Andalan Persipura, Ditemukan Ivan Kolev dan Diubah Jakson F. Tiaga"

  1. Daripada posisi penyerang ke posisi pertahanan.Perubahan yang bagus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sudah ikuti semula blog ini (I have followed this blog) Terima kasih.

      Hapus
    2. hehhe kesialan yang menguntungkan ya. Terima kasih sudah berkunjung sahabat, terus berkarya dan tetap semangat. salam, oh ya terima kasih banyak ya...

      Hapus
  2. Siapa penggantinya, kita tunggu saja ama.. Pemain2 bertalenta di Papua sepertinya semakin tumbuh subur..

    BalasHapus