BZWI8C3qMxmdvudEkXnedhGzdjepF89oa9U6FDLb
Subsribe

Yura Inspirasi Dibuat untuk Sahabat Blogger yang Spesial dan Menginspirasi: Catatan Blogger

Yura Inspirasi Dibuat untuk Sahabat Blogger yang Spesial dan Menginspirasi: Catatan Blogger
Martin Karakabu

Generasi zaman now adalah generasi tanpa kantor, kapan pun dan di mana pun mereka bisa berkarya dan memberi inspirasi kepada dunia. 


Modalnya cukup laptop dan koneksi internet. Generasi tanpa kantor yang dimaksudkan adalah blogger dan youtuber, mereka bisa menghasilkan tulisan yang menginspirasi pembaca selama ada internet dan laptop. Sama halnya dengan seorang youtuber dia bisa berkarya dan menghasilkan rupiah dimana saja dan kapan saja. Selain membutuhkan laptop dan internet, dua profesi yang saya sebutkan di awal juga membutuhkan inspirasi untuk menghasilkan konten yang berkualitas dan video yang menginspirasi. 


Inspirasi bisa diperoleh dari mana saja dan dengan cara apa saja, termasuk dengan cara blogwalking. 


Sebagai blogger newbie, saya sangat terbantu dengan tulisan - tulisan berkualitas dan lengkap yang dihadirkan oleh sahabat blogger di blognya masing - masing. Misalnya saat saya mengunjungi blognya mbak Rey dari Surabaya, di sana saya menemukan banyak informasi dan hal baru yang belum diketahui sebelumnya. Hal yang sama saat mengunjungi blognya mas Agus, di sana saya belajar tentang genre menulis dan bagaimana cara mengolah konten yang biasa menjadi luar biasa. 


Bukan itu saja, melalui blognya mas Himawan, saya belajar jadi blogger yang ramah dan menghargai pengunjung yang datang, dan sahabat blogger yang lain; yang dengan caranya masing - masing menginspirasi saya untuk berkarya dengan apa yang saya punya.


Litani di atas masih bisa diperpanjang, tetapi intinya bukan itu yang mau disampaikan dalam postingan perdana ini. 


Hal yang mau saya sampaikan adalah zaman sudah berubah, pengalaman perjumpaan dan saling menginspirasi tidak sebatas di dunia nyata, di dunia maya pun kita bisa saling menginspirasi, lewat karya dan cara kita berelasi.   


Memberi dan Menerima

Mengawali kisah dari ruang personal. Mertua saya pernah berkata, 'rumah tangga yang bahagia bukan karena suami mengerti istrinya atau sebalik, melainkan keduanya SALING mengerti'. Kata 'saling' memberi arti menerima dan memberi. Itu secara subjektif yang saya pahami dari wejangan mertua. Sama halnya dalam aktivitas blogging, setiap blogger yang datang ke blog saya, idealnya mendapatkan hal baru yang menginspirasinya untuk berkarya. 


Pertanyaan kritisnya adalah inspirasi apa yang diperoleh seorang blogger pada saat mengunjungi martin karakabu dot com?. 


Sama sekali tidak ada hal baru yang ditemukan karena di blog tersebut saya menulis tentang diri saya. Dibuat sebagai dokumentasi pribadi. Jadi tidak ada unsur memberi hanya menerima. Rasanya tidak adil jika terus berlanjut. 


Berdasarkan kontemplasi yang panjang akhirnya saya buat blog ini, harapannya setiap konten yang saya hadirkan di blog ini bisa memberi ide baru kepada sahabat blogger untuk menghadirkan karya yang lebih hebat lagi. 


Melalui cara ini pemikiran saya tentang memberi dan menerima bisa direalisasikan. 


Sangat tinggi harapan yang diangankan tetapi itulah tujuan saya menghadirkan Yura Inspirasi.


Yura Inspirasi Dibuat untuk Sahabat Blogger yang Spesial dan Menginspirasi

Apa maksud dari judul tersebut?, terutama pada kata spesial?


Sub judul ini barangkali mengungkapkan aib dan mewartakan kekurangan diri, tetapi itulah salah satu tujuan saya menghadirkan yura inspirasi. 


'Spesial' yang saya maksudkan adalah blogger yang mau berkunjung ke blog saya karena niatnya membangun persahabatan dan merawat persaudaraan (silaturahmi). 


Itulah spesial yang saya maksudkan. Bukan mereka yang hadir karena menitipkan link blognya agar trafik meningkat. Barangkali ini tuduhan kejam yang tanpa dasar, bisa benar bisa juga tidak tetapi itulah 'isi kepala' saya yang sebenarnya.


Berteman kok memilih - milih, sebenarnya bukan memilih melainkan inilah cara saya mengantisipasi blogger - blogger nakal yang suka mencuri artikel blogger lain. 

Yura Inspirasi Dibuat untuk Sahabat Blogger yang Spesial dan Menginspirasi: Catatan Blogger
Blog yang dikloning orang

Dua kali blog saya dicloning oleh blogger yang tidak bertanggung jawab. Sekali dibaned google adsense karena duplikat konten. Dua hal itu cukup memberi saya pelajaran untuk hati - hati dalam blogwalking agar tidak terulang lagi hal seperti itu. 

Jadi spesial yang dimaksudkan adalah teman - teman blogger yang saya yakini niatnya ngeblog bukan mencuri artikel melainkan memberi diri untuk orang lain lewat karya. Untuk kalian, inilah persembahan saya yura inspirasi. Sederhana dan apa adanya, lengkapi lagi dengan ide baru dan kreativitas yang dipunyai agar menjadi karya yang berarti. 


Salam, Jakarta, 24 April 2020

Postingan perdana di Yura Inspirasi

    ---Martin Karakabu---

Sobat blogger, apakah kalian pernah mengalami artikel blognya dicopy paste oleh blogger lain?; atau hal buruk lain seputar blogger, ceritakan kepadaku...

Ini adalah tulisan perdana pada salah satu blog saya. Rencananya blog tersebut saya buat khusus untuk menulis profil, namun mempertimbangkan waktu dan kemampuan maka saya hapus. Inilah yang tersisah hehhe Tentang Yura Inspirasi

Related Posts

Related Posts

2 komentar

  1. aku tadi mengira kalau Yura adalah nama orang.
    setuju sekali dengan mas martin, ngeblog dan BW juga salah satu cara aku untuk saling bertukar informasi, saling bersilahturahmi meskipun belum ketemu langsung tapi udah kayak berasa kenal lama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe akronim dari nama mbak, bukan nama secara personal. ya BW merupakan bagian dari silaturahmi sesama blogger. Melalui cara ini kita bisa ciptakan teman rasa saudara walaupun itu hanya di jagat maya.

      Mbak Ainun, Semangat dan semoga selalu sukses ya ...

      Hapus