Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yura Inspirasi: Catatan lepas tentang blog

Yura Inspirasi: Catatan lepas tentang blog
Martin Karakabu
Yuro Inspirasi adalah blog personal, berisi refleksi perjalanan dan perjumpaan dengan mereka yang 'kecil' dan terlupakan. Dikelola oleh Martin Karakabu, Seorang guru kampung dan blogger newbie. 

Hadirnya Yuro Inspirasi Yuro Inspirasi hadir pada masa sulit. Saat covid 19 melanda dunia dan Indonesia, April 2020. Saya melihat melalui televisi, peristiwa miris yang dialami oleh tenaga medis. Ada yang ditampar pasien dan yang paling ekstrim adalah jenazah ditolak karena warga takut terjangkit virus corona. 

 Pertanyaan refleksi buat saya adalah, 'memangnya mereka mau terjangkit virus corona?', tentunya tidak. Ini murni panggilan nurani dan profesionalitas profesi. Lantas mengapa mereka diperlakukan seperti itu?. 

Itulah refleksi awal saya sehingga lahirnya Yuro Inspirasi ini. Apa yang dilakukan oleh petugas medis itu menginspirasi saya, bahwa di luar sana ada sosok - sosok yang terlupakan, ditolak, dan dianiya tetapi dengan cinta yang tulus mereka terus melayani dan menginspirasi kita semua untuk terus berkarya dengan apa yang kita bisa. 

Jadi hadirnya Yuro Inspirasi karena terinspirasi dari pelayanan yang penuh kasih dari petugas medis selama pandemi covid 19. 

Mengapa dinamakan Yuro Inspirasi Tentang Yura Inspirasi Ayah Robertus Bura Karakabu Yuro merupakan akronim dari Yuliana dan Robert, dua orang yang menginspirasi saya, yang mendidik dan membesarkan saya. Saya menyebutnya 'bapak dan mama'. 

Jadi Yuro merupakan akronim dari nama kedua orang tua saya. Yuliana dan Robert, dua orang yang rela menahan lapar supaya saya bisa makan. Robert seorang ayah yang rela 'menggadaikan' nyawanya asalkan keluarganya baik - baik saja. 

Itu inspirasi pertama yang saya lihat semasa kanak - kanak. Inspirasi dari mereka semoga bisa kujadikan inspirasi buat orang lain, walau hanya lewat tulisan sederhana di blog ini. 

Isi Blog Yuro Inspirasi 

Bicara inspirasi sangat relatif karena tidak ada parameter yang jelas tentang kata tersebut. Kalau pun ada tatanan makna yang memberi arti, hanya ada di KBBI yaitu kata ilham (pemaknaan yang pertama dalam KBBI). 

Jadi merujuk pada kata 'ilham', saya berharap profil orang - orang pinggiran, mereka yang kecil dan terlupakan; yang dihadirkan dalam blog ini mampu mengilhami sobat pembaca untuk berkarya lebih dari mereka. 

Dasar pemikirannya sederhana, mereka yang memiliki keterbatasan ekonomi atau fisik saja bisa, mengapa kita yang normal ini tidak bisa. 

Jadi konten yang pertama adalah profi orang - orang yang terlupakan, pedagang kecil, buruh pabrik, atau siapa pun yang menurut pandangan subjektif saya sebagai yang kecil dan tidak berdaya, namun memberi inspirasi untuk berkarya. 

Selain itu, melalui blog ini saya ingin berbagi cerita tentang perjumpaan saya dengan mereka yang kecil dan terlupakan, berharap dari cerita perjumpaan kami dan kisah yang ditulis bisa menginspirasi pembaca, minimal ada ide kecil yang bisa diwujudkan. 

Demikian tentang Yura Inspirasi. Dalam setiap perjalanan dan perjumpaan selalu ada kisah; dan setiap 
kisah selalu ada makna untuk direfleksikan. 


Jakarta 22 April 2020 
---Martin Karakabu---- 
 Tulisan di atas adalah halaman about me blog yang diberi nama Yura Inspirasi, sudah dihapus karena tidak ada waktu; yang tersisa hanya postingan yang berjudul Yura Inspirasi Dibuat untuk Sahabat Blogger yang Menginspirasi.

Posting Komentar untuk "Yura Inspirasi: Catatan lepas tentang blog"