BZWI8C3qMxmdvudEkXnedhGzdjepF89oa9U6FDLb
Subsribe

Detunglikong Dusunku Tempat Saya Dilahirkan

Detunglikong Dusunku Tempat Saya Dilahirkan
Martin Karakabu
Setiap seribu langkah yang kita lalui tentunya diawali langkah pertama. Apa pun profesi kita saat ini, dulunya kita adalah 'bocah' yang tidak berdaya. Berikut ini cerita masa kecilku di Detunglikong, tempat saya dilahirkan dan mengenal dunia.


Dibuat sebagai dokumentasi diri, berharap suatu saat ketika ingatan mulai pudar, blog inilah yang berkisah tentang masa kecilku di kampung halaman. #Detunglikong.


Detunglikong merupakan sebuah dusun terpencil di kabupaten Sikka, Maumere Flores, NTT. Tempat yang indah dengan air terjunnya sokeloleng dan beragam peninggalan Sejarah yang 'masih perawan'.


Jika berangkat dari Maumere, ibu kota Kabupaten Sikka kita akan turun di Nangablo. Selanjutnya berjalan kaki melewati oring koting sebelum tiba di dusun Detunglikong. Itu dulu sewaktu saya masih di kampung. Sekarang entahlah barangkali kendaran sudah melaju sampai di dusunku Detunglikong.


Detunglikong

Kampung - kampung sekitar Detunglikong antara lain, sebelah utara berbatasan dengan oring koting, bagian selatan berbatasan dengan rano, di sebelah barat ada riit, baleda ahu dan kampung - kampung lainnya.


Salah satu objek wisata yang paling indah di daerah Detunglikong adalah air terjun sokeloleng dan wisata sejarah berupa piring peninggalan zaman perang (entah Jepang atau Belanda) saya lupa. Harus dikonfirmasi terlebih dahulu kepada orang - orang tua di kampung.


Masyarakat di dusunku umumnya berkebun (bertani). Beberapa tanaman yang bisa menopang hidup adalah coklat, kemiri dan vanili. Itulah Detunglikong tempat saya dilahirkan.


Rumahku Istana Termegah.

Rumahku adalah istanaku. Itu kesan saya tentang masa kecil di kampung halaman (di rumah kami). Sebagai anak bungsu dari empat bersaudara sayalah yang paling dibuat istimewa oleh kedua orang tua dan abang - abang saya. 'Raja' kata kakak - kakak saya (waktu masih kecil). 


Jadi rumahku adalah istinaku karena di masa kecil sayalah yang paling istimewa diperlakukan. Jika makanan tinggal sedikit, orang tua dan abang - abang saya silakan cari sendiri di kebun, saya tinggal menikmatinya saja. Sungguh keistimewaan yang luar biasa yang saya peroleh di masa itu.


Rumah kami

Rumah kami bukanlah sebuah istana megah, melainkan gubuk sederhana beratapkan alang - alang dan berdinding bambu. Di bagian depan ada pohon kapas yang tinggi menjulang, samping kiri dan belakang ada coklat, kemiri, pohon pisang dan tanaman lainnya. Samping kanan perkebunan coklat milik nene Niku.


Rumah kami berada tepat di pinggir jalan. Sebelum sampai di kampung utama Detunglikong maka harus melewati rumah kami terlebih dahulu, apabila perjalanan dari oring koting. Jarak rumah kami dengan kampung Detunglikong sekitar 1 kilo meter.  Itulah Dusunku Detunglikong, tempat saya dilahirkan.   

Baca Juga

Artikel Terkait

8 komentar

  1. Wah sangat jarang jumpa petani tanam pokok vanilla dan hazelnut. Saya suka bau vanilla. Harga vanilla boleh tahan mahal juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar cukup mahal, dan itu adalah salah satu tanaman yang bisa menopang ekonomi keluarga kami, terima kasih sudah berkunjung, senang sekali atas kunjungannya. salam hangat dan terus berkarya sobatku.

      Hapus
  2. Saya 2 tahun lebih di Maumere, sampai punya KTP di Kp Alok, kenangan yang indah :)
    Membeli ikan di pelelangan Wuring, bakar-bakar ikan sambil santai di pantai waiterang yang indah. Sehat selalu Bang Martin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo pak Bisot, terima kasih sudah mampir, syukur melihat bapak masih eksis di blog. Wah sudah jadi orang MOF ne pak, terima kasih sudah menjadi bagian dari MOF

      Hapus
  3. Saya pikir pak martin orang papua karna banyak membahas ttg persipura, NTT yang saya tau itu Labuanbajo pantainya yang sangat indah dan memukau ada lagi pantai di Sumba yang juga indah pernah saya lihat di IG

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hay, terima kasih mbak sudah sempatkan hadir di blog saya. Benar saya orang NTT tetapi besar di Papua, jadi lebih tahu Papua dari pada NTT.... hehhee

      Iya mbak, katanya salah satu objek wisata yang terbaik di timur sana.

      Sekali lagi terima kasih banyak atas kunjungannya mbak, salam hangat dan tetap semangat.

      Hapus
  4. enak sih jadi anak bungsu..hehe..layanan istimewa...tanaman coklat itu buah koko (cocoa) ya pak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar coklat itu kakao, tanaman yang menghidupi saya dan keluarga semasa kecil di kampung.

      Hehhee benar istimewanya anak bungsu hehehee... terima kasih sudah berkunjung, salam hangat dan tetap semangat.

      Hapus