Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Anton Arkian: Menjadi Ketua Lingkungan Itu Membahagiakan, Apabila Mampu Memikul Salibnya

Anton Arkian: Menjadi Ketua Lingkungan Itu Membahagiakan, Apabila Mampu Memikul Salibnya
Pak Anton, Mantan ketua lingkungan St. Petrus Volker/1
Sedikit bicara banyak kerjanya, itulah kesan pertama apabila mengenal lebih dekat sosok mantan ketua Lingkungan Santo Petrus ini. Penuh wibawa dan tidak banyak kata, dia hanya tahu kerja dan kerja. 


Ayah dua orang putri ini selalu berusaha semaksimal mungkin dalam melayani umat lingkungan Santo Petrus Volker. Namanya Anton Arkian, mantan ketua Lingkungan Santo Petrus Volker, periode 2017/2019.


Baginya kebahagiaan sejati ialah membuat orang lain bahagia karena pelayanan tulusnya.


"Pak Martin menjadi ketua lingkungan itu harus berani memikul salibnya sendiri" ujar beliau. 


Salib ketua lingkungan yang dimaksudkan ialah siap untuk menjadi tidak populer, walaupun orang lain populer karena kita, jelasnya lebih lanjut. 


Ibarat gula dan kopi, saat komposisi gula dan kopi seimbang maka kopi terasa enak untuk diminum. 


Saat itu orang akan berkata, "enak bangat ne kopinya", gula yang ikut andil membuat kopi terasa nikmat tidak disebutkan. Namun apabila gula lebih banyak, maka gulanya yang disalahkan karena terlalu banyak. 


Bahkan dalam kasus yang lain apabila orang terkena diabetes maka yang disalahkan ialah kadar gula dalam tubuh. 


Demikian halnya dengan pelayanannya terhadap umat di lingkungan, apabila segala kekeliruan yang terjadi maka ketua lingkunganlah yang harus menerima semua itu. 


Ibarat gula dialah yang menjadi objek pertama dari semua kesalahan yang tidak ia lakukan. Itulah salib yang dimaksudkan beliau. 


Namun beliau tegar dalam satu keyakinan, "biarkan orang lain bahagia karena pelayanan tulus kita, itulah kebahagian sejati seorang ketua lingkungan; yakni membuat orang lain bahagia karena kita. 


Salah satu contohnya ialah pengakuan umat berikut ini, 


"Pak Martin, saya berterima kasih banyak kepada pak Anton, rumah saya menjadi lebih baik saat ini, itu semua berkat bantuan pak Anton" kata salah seorang umat Lingkungan Santo Petrus Volker dalam serah terima ketua dwisioner kepada ketua Lingkungan yang baru, periode 2019/2022.


Tak jarang ia menjadi 'lelah' karena harapan tidak sesuai dengan kenyataan, namun dengan penuh tanggung jawab ia terus menjalani amanah yang diberikan umat sampai masa akhir tugasnya. 


Terima kasih banyak Pak Anton Arkian, mantan ketua lingkungan santo Petrus Volker atas pelayanan yang tulus terhadap umat lingkungan, kiranya semua kebaikan dan pelayanan tulusnya dibalas oleh Tuhan Yesus.

1 komentar untuk "Anton Arkian: Menjadi Ketua Lingkungan Itu Membahagiakan, Apabila Mampu Memikul Salibnya"

  1. filosofi gula ini sering dipakai karena mudah dimengerti dan tentu saja kalo kita paham pasti ngena banget ke ulu hati :D

    BalasHapus