Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Muda Rizki Sangat Mudah Menjadi Apa yang Orang Lain Perlukan

Muda Rizki Sangat Mudah Menjadi Apa yang Orang Lain Perlukan
Sumber foto:mudarizki.blogspot.com
Apa?
Mudarizki blogger inspirasi yang mempermudah kerja orang lain.
Semua orang bisa menjadi guru, tetapi belum tentu semua guru membawa kebermanfaatan bagi sesama. Secara teoritis mungkin iya. Namun kadang terasa ‘lelah’ jika mengulas aspek teoritis pada abad 21 eranya teknologi.


Arus informasi serba cepat maka akrab dengan teknologi adalah suatu keharusan. Itu keyakinan yang saya amini saat melihat realitas bertemu moderenisasi. Apalagi di wilayah urban semua serba uang.


Jika tidak memiliki uang semua terasa sulit.


Namun tidak demikian dengan beberapa blogger yang saya kenal. Bagi mereka uang bukan segala-galanya, tetapi menjadi berguna bagi yang lain itulah yang dikejar. Salah satunya mas Mudarizki blogger yang cukup fasih mengulas soal teknologi terkini.


Dalam kesederhanaan beliau berujar saya bukan siapa-siapa mas, tetapi mencoba menjadi apa yang orang lain perlukan.


Itu bukan hanya kata tetapi benar adanya. Sabang hari ada kegiatan MGMP bagi guru DKI. Pertemuan itu tidak membahas teknologi melainkan pelajaran. Namun entah mengapa google drive disebut. Nah karena keaktifan saya dalam menulis di blog, maka saya dianggap ‘serba tahu’ oleh beberapa teman guru, terutama ibu-ibu.


Lantas para sahabat guru itu pun menjadikan saya rujukan untuk bertanya tentang google drive.


Apa yang saya lakukan, “sok sibuk”, ya sok sibuk. Itu yang saya lakukan.


“Adu ibu-ibu besok saja nanti saya jelaskan soal google drive”, kata saya.

“Sekarang kita fokus dulu pada kegiatan utama kita”, jelas saya lebih lanjut.


Sebenarnya itu hanyalah trik untuk menghindari pertanyaan tentang google drive karena saya tidak paham.


***

Setelah pulang saya menghubungi mas Mudarizki, “mas muda tolong jelaskan pada saya soal google draive, jika boleh buatkan tutorialnya sekalian”. Tidak pakai lama akhirnya hadir postingan berjudul;

  1. Cara menyimpan dan membuat link download file dari google drive.
  2. Cara akses dan gunakan file google drive secara offline di HP


Tutorial yang dihadirkan mas muda itu saya pelajari, kemudian bertanya pada beliau jika ada hal yang tidak saya pahami. Besoknya saya cukup sukses menjelaskan tentang google drive kepada para guru.


Semua itu karena mas Mudariski. Baginya berbagi sedikit tidak apa-apa daripada tidak sama sekali. Saya menyebutnya ‘guru’.


"Saya bukan siapa-siapa mas, tetapi mencoba menjadi apa yang orang lain perlukan". Ujar beliau saat saya mengungkapkan kekaguman saya terhadap manfaat yang saya peroleh dari konten yang ditulis beliau. Sungguh sebuah kerendahan hati yang patut untuk dijadikan contoh.


Baca juga: Ajeng Veran, Intlektual Muda yang Menulis dengan Hati

1 komentar untuk "Muda Rizki Sangat Mudah Menjadi Apa yang Orang Lain Perlukan"

  1. Orangnya senang berbagi ya mas. Dia demen menasehati orang lain tanpa bermaksud menggurui. DItulis dong mas tutorial cara menyimpan dan membuat link download file dari google drive.dan cara akses dan gunakan file google drive secara offline di HP hihihi, ditunggu ya.

    BalasHapus